Pengertian Surat Edaran Adalah - Fungsi, Jenis- Jenis, Bagian, dan Contohnya Secara Lengkap

Via: Materismk.my.id

Pengertian Surat Edaran

Surat edaran merupakan surat yang di dalamnya terdapat pemberitahuan dengan resmi dari sebuah instansi atau organisasi atau lembaga. Surat edaran berupa surat resmi yang di berikan atau di edarkan secara tertulis dan di berikan atau di tunjukkan untuk berbagai pihak.
Di dalam surat ini terdapat penjelasan tentang suatu hal seperti suatu kebijakan baru yang di terapkan pemimpin, berisi peraturan baru, dan yang lainnya. Surat ini di berikan untuk kalangan umum tetapi berada di dalam suatu raung lingkup tertentu.

Contoh surat edaran yang sering kita temui adalah surat yang di buat kepala sekolah dan di berikan kepada para guru, para siswa, atau seperti surat yang di berikan rector kepada para dosen dan mahasiswanya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Surat ini dapat termasuk kedalam surat resmi karena di dalamnya memakai bahasa resmi, jelas, singkat dan padat serta dapat pula mencerminkan ciri dari organisasi yang telah membuatnya.

Fungsi Surat Edaran

Mengacu pada pengertian surat edaran di atas, ada dua fungsi utama surat edaran, yaitu
  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan informasi atau pemberitahuan kepada banyak pihak, dimana isi pemberitahuan tersebut sifatnya umum atau bukan rahasia.
  2. Sebagai petunjuk dan penjelasan tentang peraturan/ kebijakan atau tata cara pelaksanaan (bagi instansi), dan sebagai pengumuman atau pemberitahuan (bagi perusahaan swasta).

Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran diantaranya ada dua macam yaitu surat edaran yang terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas, nah berikut ini penjelasannya:
  • Surat edaran terbatas, adalah surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotannya saja, misalnya surat edaran dari koperasi kapada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis dan lain-lain.
  • Surat edaran tidak terbatas, adalah surat yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Bagian bagian surat edaran

Terdapat bagian-bagian penting dalam surat edaran, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Kop Surat/ Kepala surat
Di bagian kop surat terdiri dari logo, nama dan alamat lembaga, instansi atau organisasi. Biasanya kop surat digunakan untuk menunjukan surat formal dan surat non formal. Kemudian diagian ini juga tertulis kata “surat edaran” dengan huruf kapital bergaris bawah. Kemudian pada bagian kiri bawah tertulis nomor surat, sifat surat (misal penting), perihal dan juga alamat yang dituju. Namun kadang ada juga yang nomor suratnya tertulis pada bagian bawah tulisan “surat edaran”. Di bagian kanan tertulis tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat. Terkadang pada bagian ini cara penulisannya suka berbeda-beda tergantung dari yang membuat surat.
  • Isi surat
Bagian isi surat adalah bagian yang berisi informasi atau pengumuman yang akan disampaiakan kepada umum. Urutan isi surat yaitu pembuka/ pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.

  • Kaki surat
Di bagian akhir surat edaran yaitu kaki surat berisi nama jabatan, tanda tangan pengirim surat, nama lengkap, nomor induk pegawai, stempel  (lembaga, instansi atau organisasi) serta tembusan surat kalau ada.


1. Contoh Surat Edaran Rapat Besar Dinas


DINAS INDUSTRI DAN PERDAGANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA 
PEKANBARU PROVINSI RIAU
Jln. Ahmad Yani No. 35 Kota Pekanbaru
Telp. 0651 – 987867 Fax. 987867

SURAT EDARAN
Pekanbaru, 14 Maret 2020
Nomor  : 34/PTKS/SE/6/20
Sifat      : Penting
Perihal  : Rapat Besar Dinas
Yth.
Bapak/Ibu Staf Karyawan
Dinas Industri dan Perdagangan
Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru
di Tempat
Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2017 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :
Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 20
Tempat : Gedung Gelanggang Remaja
Waktu : 09.00 - Selesai
Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan,

Muhardi Setyo. MM



2. Contoh Surat Edaran Rapat Persiapan Ujian Nasional

DINAS PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMALPROVINSI RIAUSMK PEMBANGUNAN  Jl. Dr. Sutomo – Bagan Batu, Rokan Hilir, Riau  28992
Telp: (0314) 6237235
Malang, 14 Maret 2020
Nomor       : 100/SUR/SMP-SK/2020
Lampiran   : –
Perihal      : Undangan
Kepada Yth :
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas XII (Dua Belas)
SMK PEMBANGUNAN
Ditempat
Dengan Hormat,
Dengan surat ini, kami mendoakan semoga Bapak/Ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan-Nya. Amin.
Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid kelas XII (Dua Belas) SMK PEMBANGUNAN untuk berkenan hadir pada :
Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2020
Waktu : Jam 09.00 - Selesai
Acara : Rapat Persiapan UN TA 2019/2020
Tempat : Aula SMK PEMBANGUNAN
Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu sekalian kami ucapkan terima kasih.


Hormat Kami,
Kepala SMK Pembangunan Bagan Batu,

Rudi Hambali M.Pd



Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian surat edaran, fungsi surat edaran, ciri-ciri surat edaran, jenis dan bagian-bagian surat edaran. Semoga bermanfaat.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Surat Edaran
  • jurnal pengertian surat edaran
  • macam macam surat edaran
  • pengertian surat instruksi
  • surat edaran perusahaan
  • jenis-jenis surat edaran
  • pengertian surat himbauan
  • contoh surat edaran
  • pengertian surat pengumuman
  • Materi SMK

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Surat Edaran Adalah - Fungsi, Jenis- Jenis, Bagian, dan Contohnya Secara Lengkap"