Surat Pengajuan Cuti Kerja Yang Baik Dan Benar


Surat pengajuan cuti kerja diperlukan bagi karyawan yang hendak mengambil jatah cuti. Kenapa disebut jatah cuti? Karena setiap karyawan memiliki hak cuti di perusahaan. Umumnya cuti regular setiap karyawan adalah 12 hari kerja dalam satu tahun. Setiap karyawan bisa mengambilnya, baik sebagian atau seluruhnya. Tapi biasanya kebijakan karyawan mengharuskan untuk mengambil hak cuti tersebut.

Pertanyaanya kenapa hak cuti harus diambil? Bukankah degan begitu perusahan kehilangan masa kerja karyawan. Ternyata ada hal yang lebih penting dari masa kerja karyawan. Yakni masalah integritas karyawan. Pada saat karyaan itu emngambil cuti, maka pekerjaannya diberikan kepada karyawan yang lain, termasuk tanggung jawab kerja, pelaporan, perkembangan dan hal lain yang sebelumnya tidak diketahui oleh karyawan lain.

Banyak sekali temuan kecurangan kerja yang dilakukan karyawan yang ditemukan saat karyawan itu cuti. Karena saat cuti, kondisi keungan, kondisi pekerjaan, keweangan, komunikasi dengan rekanan diambil alih oleh perusahahaan. Pada saat yang  bersamaan maka kecurangan bisa ditemukan.

Namun bagi kita  yang tidak merasa melakukangan kecurangan atau penyimpangan tak perlu merasa khawatir. Saat ada kesempatan mengambil cuti, maka ambilah. Rencanakan masa cuti kita untuk bersama keluarga. Komunikasikan dengan pihak perusahaan rencana cuti kita. Kebanyakan mengambil cuti meyambung cuti hari raya, kita bisa mengambilnya sesuai kebutuhan kita.

Berikut ini adalah contoh permohonan pengajuan cuti yang bisa kita coba buat.

SURAT IJIN CUTI

Suryalaya,  17    Agustus 2017
Kepada Yth.
Bapak Direktur Utama PT Mitra Sejahtera
Jl. Muhammad Toha
Bandung

Hal : Permohonan cuti kerja

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    : Jamaluna
Jabatan : Staf Marketing
Dengan ini mengajukan permohonan cuti kerja selama 3 hari terhitung mulai tanggal  20 Agustus 2017 sampai dengan 22 Agustus 2017.
Tiga hari cuti tersebut akan saya pergunakan untuk mengunjungi sanak family di kampong halaman yang bertepatan dengan acara hajat keluarga.
Demikian permohonan ini kami sampaikan atas perhatiannya kami haturkan terima kasih


Hormat saya

Jamaluna