Selasa, 05 Juni 2018

Contoh Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV, hendaknya dibuat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan keadaan anda. Sangat tidak diperbolehkan anda membuatnya melenceng dari kepribadian dan jati diri anda yang sesungguhnya. Karena hal tersebut nantinya akan dipertanggung jawabkan kepada perusahaan. Dan perlu anda ketahui bahwa keterangan pada CV cukup mempengaruhi perihal diterima atau tidaknya seseorang.
Untuk itu hendaknya CV ini ditulis dengan baik dan benar. Dan kami akan memberikan beberapa tips dalam menulis daftar riwayat hidup atau CV. Mari simak uraiannya dibawah ini.

1. Harus Jujur
Yang pertama harus anda perhatikan adalah kejujuran. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa CV harus menerangkan hal yang sebenarnya ada pada diri anda. Misalkan saja soal pengalaman kerja. Jangan pernah membuat pengalaman kerja yang sebenarnya tidak pernah anda jalani. Mungkin saja hal tersebut dilakukan sebagian orang karena merasa gengsi sebab tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup. Namun sekali lagi harus diingat, bahwa hal tersebut sangat tidak dibenarkan.

2. Perhatikan Tata Bahasa, Ejaan, dan Tanda Baca
Hal ini merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan dalam setiap menulis surat resmi hingga daftar riwayat hidup. Gunakan bahasa yang baik dan benar serta perhatikan tanda baca yang anda gunakan. Buatlah CV anda dengan ejaan kata yang benar tanpa ada kekurangan huruf atau kesalahan lainnya.

3. Jumlah Halaman
Pada umumnya CV hanya terdiri dari satu lembar halaman saja. Namun jika memang pengalaman kerja, latar pendidikan, dan pengalaman mengikuti pelatihan anda sangat banyak dan penting untuk disertakan, maka CV anda boleh menjadi dua atau tiga halaman. Akan tetapi untuk surat lamaran kerja akan lebih baik jika hanya satu halaman.

4. Berikan Keterangan Yang Jelas dan Secara Gamblang
Maksudnya disini adalah saat anda memberikan sebuah keterangan, maka hendaknya diuraikan atau disampaikan dengan jelas. Sebagai contoh, ketika anda menuliskan gelar atau pendidikan tertinggi anda. Misalkan saja anda menulis Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya. Nah akan lebih baik jika anda menyertakan nama kota Universitas tersebut yaitu mnenjadi Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya - Palembang, Sumatera Selatan.

5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna
CV yang baik hendaknya yang mudah dibaca, mudah dicerna, dan urutannya jelas. Jika ada sebuah keterangan yang aman penting, maka anda dapat menulisnya dengan huruf tebal atau bold. Dengan begini maka perusahaan dapat lebih mudah mengetahui hal yang sangat penting dan yang ingin anda tunjukkan melalui Cv tersebut.
Itulah beberapa hal atau tips dalam menulis CV. Untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini kami memberikan contoh sebuah Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar. Contoh tersebut juga sebagai penutup ulasan kami kali ini. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya.

Contoh :
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADINama Lengkap                 : Denna Aulia Putri
Tempat, Tanggal Lahir     : Palembang, 28 Agustus 1991
Jenis Kelamin                   : Wanita
Kewarganegaraan             : Indonesia
Agama                              : Islam
Status                                : Belum Kawin
Alamat                              : Jln. Anggrek No. 274 Palembang
No. Telpon                        : 0813 7896 2486
Email                                : DennaAuput@gmail.com
PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 1 Palembang : Tahun 1997 - 2003

2. SMP Negeri 1 Jakarta : Tahun 2003 - 2006
3. SMA Negeri 1 Palembang : Tahun 2006 - 2009
4. S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya - Pelembang : Tahun 2010 - 2014
PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Palembang : Tahun 2009

2. Kursus Progamming di Palembang : Tahun 2012
3. Basic Language English di Palembang : Tahun 2013
4. Pelatihan Praktik Kerja Bagian Keuangan : Tahun 2014
5. Pelatihan Kepegawaian dan Calon Pegawai Berpengalaman : Tahun 2015
RIWAYAT PEKERJAAN
1. Staff Keuangan di PT. IndoMaju, Palembang : Tahun 2014 - 2015

2. Kepala Staff Keuangan di PT. Cipta Karya Sejati, Lampung : Tahun 2015-2017
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Palembang, 30 Desember 2017
Denna Aulia Putri


Contoh Surat Lainnya:

0 komentar

Posting Komentar