Minggu, 10 Juni 2018

Cara Membuat Surat Edaran Umum

edaran adalah surat pemberitahuan resmi yang akan diedarkan secara media tertulis. Surat edar tentunya berisi pemberitahuan tentang suatu hal atau ketentuan yang perlu ditaati.
Banyak sekali contoh surat edaran umum ini, seperti surat edaran dari pemerintahan misalnya surat edaran tentang hari raya nashional, surat edaran untuk melakukan sensus, pemilu dan hal penting lainnya. Selain itu ada juga surat edaran dari Instansi perusaahan. Misalnya surat edaran untuk seluruh karyawan, surat edaran rector ke seluruh dosal, kepala sekolah ke guru-guru dan lain sebagainya.
Melihat dari fungsinya sebenarnya kalian sudah bisa memahami fungsi dari surat edaran ini. Untuk lebih jelasnya kembali bahas pada artikel ini. Fungsi dari surat edaran ini adalah untuk memberitahukan berbagai informasi penting atau pemberitahuan yang sifatnya tidak rahasia dan ditujukan kepada orang lain.
Nah langsung untuk membuat surat edaran ini maka kalian harus tahu terlebih dahulu bagian-bagian yang harus kalian buat, seperti dibawah ini :
1. Bagian Kepala Surat
Kepala surat ini tentu meliputi kop surat termasuk ada logo atau nama dan alamat organisasi tersebut. kemudian ada hal atau perihal serta alamat yang dituju. Jangan lupa dibagian kanan ditulis juga tanggal kapan surat ini diterbitkan.
2. Bagian Isi Surat
Bagian ini berisi tentang informasi pemberitahuan atau sebuah pengumuman bagi pembaca. Isilah pemberitahuan yang jelas tidak bertele-tele yang ditujukan untuk orang banyak. Ingat bagian isi ini juga terdapat 3 bagian lagi, yaitu pendahuluan atau pembuka, isi pokok surat dan penutup.
3. Kaki Surat.
Setelah isi surat ditutup  dengan penutup maka selanjutnya lanjutkan dengan kaki surat, seperti diisi nama pengirim, tanda tangan lengkap dengan NIP/NRP serta stempel lembaga atau instansi dan bila tambahkan tembusannya untuk memperkuat isi surat.
Sebatas ini kami anggap kalian sudah memahami bagaimana format surat edaran. Kalau belum paham betul coba kalian lihat contoh surat edaran umum dibawah ini.
PEMERINTAH KOTA PRABUMULIH
KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR
Jln. R.A Kartini, Telepon (0713) 38*****
======================================================================
Prabumulih, 12 Desember 2016
Nomor   : 23/KR/2016
Sifat     : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama
Yth. Ketua RW 03, 04, 05 dan 06
Kelurahan Prabu Jaya
Di Prabumulih
Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kebersihan Kota Prabumulih Nomor: 23/2.654 pada tanggal 12 Desember 2016 mengenai hal Jadwal Pembersihan Kampung demi menjaga kebersihan dan kesehatan kampung, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada:
Hari      : Jum'at
Tanggal : 16 Desember 2016
Waktu  : Pukul  08.00 s/d Selesai
Tempat : Lingkungan masing-masing RW
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.
Lurah Prabu Jaya

Ruri Zazili, S.Kom
NIP 20292828828
Tembusan:
1. Wali Kota Prabumulih
2. Camat Prabumulih Timur
3. Ka. Kebersihan Kota Prabumulih
4. Puskesmas Kec. Prabumulih Timur
Demikianlah contoh surat edaran umum yang dapat kami sampaikan kepada anda, masih banyak lagi contoh surat edaran umu dari Instansi Pemerintahan, Perusahaan atau lembaga yang cara penulisan sama seperti contoh diatas kecuali pada Perihal, Isi, Jadwal dan juga tembusan. Semoga bermanfaat.






Contoh Surat Lainnya:

0 komentar

Posting Komentar