Contoh Cara Membuat Surat Perjalanan Dinas Perusahaan dan Sekolah

Pengertian Surat Perjalanan Dinas

Surat perjalanan dinas merupakan surat yang isinya keterangan mengenai perintah kerja atau tugas kepada seseorang pejabat/karyawan sebuah intansi/perusahaan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu ke daerah atau wilayah dalam waktu yang sudah ditentukan dengan biaya dari pihak kantor bersangkutan. Di dalam sebuah pemerintahan, surat perjalanan dinas ini sering juga disebut dengan surat perjalanan dinas (SPPD) yang dibuat untuk seorang pegawai dalam melakukan suatu tugas tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan perjalanan dinas itu sendiri ialah melakukan perjalanan keluar dari tempat kedudukan yang jaraknya minimal 5 km dari batas kota serta dilaksanakan atas perintah dan wewenang untuk keperluan negara.

Manfaat Surat Perjalanan Dinas

Surat perjalanan dinas ini mempunyai manfaat sebagai pelengkap sebuah keterangan bagi si penerima tugas agar ketika ia melaksanakan tugas dinas tersebut dapat berjalan secara efisien sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Format dan Cara Membuat Surat Perjalanan Dinas

Adapun format dari surat perjalanan dinas ialah sesuai dengan pedoman surat menyurat yang berlaku di dalam sebuah instansi/perusahaan. Sedangkan untuk cara membuatnya terbilang cukup mudah, karena tidak berbeda jauh dengan surat dinas lainnya. Untuk bisa membuatnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari surat perjalanan dinas tersebut, yakni sebagai berikut:
o Kepala Surat
o Nomor Surat
o Isi, yang meliputi identitas penerima tugas, tempat dan waktu perjalanan dinas
o Tempat dan tanggal surat
o Tanda tangan pemberian tugas
Untuk surat perjalanan dinas di dalam sebuah instansi pemerintahan biasanya ditandatangani oleh pejabat yang berwenang seperti Menteri atau pejabat lain yang ditunjuk berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Nah dari penjelasan di atas, tentunya kita sudah sedikit tahu bagaimana format dan cara membuat surat perjalanan dinas yang baik dan benar. Namun agar lebih jelas, mari langsung saja kita simak beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini untuk anda.

Contoh Surat Perjalanan Dinas Perusahaan

PT CONTOH SURAT POS
Jln. Rajawali No. 46 Banda Aceh
Telp. 0651 657876 Fax. 657876
Website: www.contohsuratpos.com Email: contohsuratpos@gmail.com =====================================================================

SURAT PERJALANAN DINAS
Nomor: 342/PT.CSP/SPD/IV/2017

Dalam rangka mengadakan kontrak kerjasama serta perluasan usaha di daerah Medan, maka dengan ini kami memberikan tugas kepada:Nama    : Irham Syahputra
Jabatan : Manager Pemasaran PT. Contoh Surat Pos
Alamat  : Jln. Sentosa No. 009 Banda Aceh
Untuk melaksanakan perjalanan dinas ke Medan, adapun pelaksanaannya dengan ketentuan sebagai berikut:
Berangkat   : 22 Mei 2017
Kembali       : 26 Mei 2017
Kendaraan  : Bus
Akomodasi : Hotel
Semua biaya perjalanan dinas, akomodasi dan konsumsi selama melakukan perjalanan dinas menjadi tanggung jawab PT. Contoh Surat Pos sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Demikian harap Saudara melaksanakan dan kami mohon bantuan semua pihak guna kelancaran pelaksanaan perjalanan dinas tersebut.
Banda Aceh, 19 Mei 2017
Direktur
Samsuar, SH

Contoh Surat Perjalanan Dinas Sekolah

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDA ACEH
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANDA ACEH
Jln. Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh =====================================================================

SURAT PERJALANAN DINAS
Nomor: 0897/SPDD/SMA-1/IV/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banda Aceh memberikan tugas kepada:
Nama                       : Darmawan
Nip                            : 198778769 201587 4 002
Tempat/Tgl. Lahir     : Banda Aceh, 15 Desember 1988
Pangkat/Gol. ruang : Penata Muda Tk. I, III/B
Jabatan                    : Guru Matematika
Unit Kerja                 : SMA Negeri
Untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Pelajaran Matematika yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mulai tanggal 22 Mei 2017 s/d 22 Juni 2017.
Demikian surat tugas ini diberikan untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan setelah selesai mengikuti kegiatan dimohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis.
Banda Aceh, 19 Mei 2017
Kepala SMAN1 Banda Aceh
Drs. Sanusi
Nip. 19987867 201390 1 001

Itulah tadi penjelasan singkat beserta 2 contoh surat perjalanan dinas perusahaan dan sekolah yang dapat admin bagikan untuk anda di sore hari ini. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita tentang surat perjalanan dinas ini.
loading...

0 Response to "Contoh Cara Membuat Surat Perjalanan Dinas Perusahaan dan Sekolah"

Posting Komentar