Minggu, 21 Januari 2018

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Surat Pengunduran Diri

Surat lamaran digunakan manakala kita akan mendaftar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran sangat penting untuk diperhatikan karena biasanya surat ini menjadi parameter awal diterimanya atau ditolaknya lamaran anda. Oleh karena itu kita harus benar benar memperhatikan struktur, susunan, ataupun tata bahasa dalam surat ini. Namun anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Di blog  ini kami akan membahas secara detail mengenai contoh – contoh surat yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Sebenarnya cukup mudah membuat surat lamaran kerja ini, akan tetapi bagi sebagian orang kesulitan untuk membuatnya. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib anda perhatikan manakala membuat surat lamaran kerja :
  • Menggunakan kalimat yang sopan
  • Gunkan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD
  • Tulisan rapi
  • Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
  • Lampirkan sertifikat yang anda punya

 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bali, 20 Maret 2014
Kepada Yth :
HRD PT NUSANTARA
Jl. Ahmad Yani No. 10 Singaraja Bali
Perihal : Lamaran kerja
Dengan Hormat
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                 : ———-
Tempat/Tanggal Lahir  : ———-
Jenis Kelamin                 : ———-
Pendidikan                       : ———-
Alamat                              : ———-
Telepon                            : ———-
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
  1. Pas Photo.
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto copy Ijazah Terakhir
  5. Foto copy Sertifikat Competensi
  6. Foto copy Sertifikat PKL
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.
Hormat saya

Fahrur Rozi
=====================================

Baca Juga: 

6 Contoh Surat Izin Lengkap Terbaru


==================================

contoh surat pengunduran diri

Palembang, 04 Agustus 2017
Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: ———————
Tempat/Tgl Lahir: ——
Alamat: ——————-
Jabatan: ——————
Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.
Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.
Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Dewi Putri Jelita
===============================
Demikianlah contoh surat yang baik dan benar, semoga bermanfaat !!!

0 komentar

Posting Komentar