4 Contoh Memo Resmi Terbaru dan Lengkap

Pengertian Memo (memorandum) adalah sebuah tulisan ringkas yang isinya singkat, padat dan jelas yang ditujukan kepada orang lain, baik bersifat resmi atau tidak resmi. Pada umumnya isi dari memo itu sendiri langsung menyatakan maksud dari si pengirim memo tersebut tanpa adanya bagian-bagian surat lainnya seperti salam pembuka, salam penutup dan lain sebagainya.
Fungsi Memo
Sebelum saya membagikan contoh memo kepada anda semua, terlebih dahulu kita ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari memo itu sendiri. Memo biasanya dipergunakan sebagai bentuk komunikasi yang berisi permintaan, arahan ataupun keterangan suatu hal tertentu yang harus segera dilakkukan atau diselesaikan.
Jenis-Jenis Memo
Memo dilihat dari penggunaannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu Memo resmi dan Memo tidak resmi.


Memo Resmi adalah Memo yang dikeluarkan/dibuat oleh sebuah organisasi, lembaga atau instansi. Jadi Memo jenis ini ditujukan untuk orang-orang yang ada atau terlibat di dalam suatu organisasi, lembaga atau instansi tersebut. Jadi, Memo tidak dapat dipergunakan untuk keperluan surat menyurat antar organisasi, instansi ataupun lembaga, namun hanya untuk orang yang ada di dalam suatu organisasi, lembaga ataupun instansi tertentu.

Memo resmi umumnya dipergunakan oleh pihak yang mempunyai pangkast/kedudukan yang lebih tinggi dalam suatu organisasi, lembaga ataupun instansi yang ditujukan kepada orang yang pangkat/kedudukan di bawahnya. Bisa juga ditujukan kepada orang-orang yang mempunyai pangkat/kedudukan yang setara di dalam suatu organisasi, lembaga ataupun instansi. Adapun contohnya adalah seperti contoh memo resmi sekolah, contoh memo resmi perusahaan dan lain-lain sebagainya yang bersifat formal atau resmi.

Memo Tidak Resmi

Memo tidak resmi (Pribadi) adalah memo yang dipergunakan antar teman, sahabat, saudara orang tua ataupun perorangan yang bersifat informal. Contohnya seperti contoh memo untuk Ibu, contoh memo untuk teman dan lain sebagainya yang bersifat pribadi.
 
  Struktur/Bagian Memo
Adapun struktur atau bagian-bagian dari memo adalah sebagai berikut :

1. Kepala Memo.

Kepala memo terdiri dari Kop Memo (untuk Jenis Memo Resmi), nama pengirim memo, dan nama penerima memo.

2. Badan Memo.

Badan memo merupakan isi memo itu sendiri yang disampaikan secara singkat dan jelas. Penulis memo langsung menyampaikan perintah atau pesan dalam kalimat yang pendek serta lugas (dapat dipahami).

3. Kaki Memo.

Kaki memo terdiri dari tanda tangan serta nama jelas pembuat memo.



Dari penjelasan di atas, saya yakin anda para pembaca semua sedikitnya sudah tahu bagaimana format memo resmi yang baik dan benar. Tetapi agar lebih jelasnya, berikut ini telah saya siapkan beberapa contoh memo resmi terbaru dan lengkap yang mudah-mudahan akan bermanfaat untuk anda semua. Contoh memo di bawah ini merupakan jenis memo resmi, sedangkan untuk contoh memo tidak resmi akan saya bagikan pada kesempatan yang lain.
  Contoh Memo Resmi dari Kepala Sekolah
SMA Negeri 5 Banda Aceh
Jl. Hamzah Fansuri, Kopelma Darussalam, Banda Aceh
Telepon (0651) 75520xx
====================================================================== Dari    : Kepala Sekolah
Untuk : Wali Kelas
Segera merekap ketidakhadiran siswa-siswi paling lambat minggu ini dikumpulkan melalui Staf kesiswaan. Terima kasih.
Banda Aceh, 21 Oktober 2016
Kepala Sekolah
(Drs. Sanusi, S.Pd)

Contoh Memo Resmi Perusahaan
PT. JAYA ELEKTRONIK
Jl. Sudarsono No. 45 Banda Aceh
====================================================================== Dari       : Direktur
Kepada : Supervisor Marketing
SURAT MEMO

Mohon dikumpulkan rekapan pencapaian target minggu kedua bulan Oktober untuk rapat bersama tanggal 24 Oktober 2016 nanti. Banda Aceh, 21 Oktober 2016
Ali Saifuddin

Contoh Memo Resmi dalam Bahasa Inggris
Department of Education and Culture Banda Aceh
SMAN 1 Banda Aceh
Jalan Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh
======================================================================
MEMO

To        : Mr Andi (Head Of English Teacher)
From    : Mrs. Suriani (Headmaster)
Subject : English Debate Competition Mr. Andi please help training student who participate on the National High School English Debate Competition 2016. Meet me on meeting next Monday.
October 21th, 2016
Mrs. Suriani
Terjemahan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh
SMAN 1 Banda Aceh
Jalan Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh
======================================================================
MEMO

Untuk   : Mr Andi (Kepala Of English Teacher)
Dari     : Ibu Suriani (Kepala Sekolah)
Subjek : Kompetisi Debat Bahasa Inggris Pak Andi tolong bantu siswa pelatihan yang berpartisipasi di National High School English Debate Competition 2016. Bertemu saya di pertemuan Senin depan.
21 Oktober 2016
Ibu Suriani

Demikianlah 3 contoh memo resmi terbaru dan lengkap yang dapat saya bagikan kepada anda pada kesempatan yang berbahagia ini.Kumpulansurat.web.id
loading...

0 Response to "4 Contoh Memo Resmi Terbaru dan Lengkap"

Posting Komentar