Contoh Surat Permohonan Untuk Menjadi Warga Negara Indonesia

Surat Permohonan Untuk Menjadi Warga Negara Indonesia - Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya yang berkaitan dengan pembuatan dan atau penyusunan surat menyurat memang terlihat sedikit namun pada kenyataannya banyak sekali jenis surat resmi yang penting untuk dipelajari. Salah satunya adalah surat permohonan yang akan segera kita bahas. Disini kita akan membahas surat permohonan menjadi WNI atau warga negara Indonesia, yang akan kita bahas yaitu bagaimana cara menyusunnya dan juga contoh suratnya sekaligus.
Seperti pada judul yang digunakan, surat permohonan ini adalah surat yang diperlukan oleh warga negara asing yang ingin memiliki status kewarganegaraan di negara Indonesia. Jadi untuk WNI tentu tidak akan membutuhkan permohonan seperti ini. Meski begitu, kita tetap belajar bagaimana membuatnya karena siapa tahu di kemudian hari kita membutuhkan permohonan ini. Contohnya jika ada keluarga yang menikah dengan orang asing dan sebagainya.
Permohonan Menjadi Warga Negara Indonesia merupakan sebuah surat atau permohonan resmi maka dari itu format dan atau bentuk penulisannya pun mengikuti ketentuan yang diberikan. Untuk mengetahui bagaimana bentuk dan cara menyusun surat tersebut mari kita bahas secara lebih detail di bawah ini.

Cara Menyusun Permohonan Menjadi WNI

Sebelum ke contoh permohonan menjadi WNI kita akan sedikit berbicara bagaimana cara menyusun atau membuat permohonan ini. Hal ini diperlukan jika memang ada seseorang yang akan menggunakannya jadi kita sudah memiliki gambaran baik bentuk maupun cara membuatnya. Di atas telah di singgung bahwa permohonan ini merupakan permohonan resmi tertulis dan itu tentu berarti bahwa bentuk dan isinya pun sesuai dengan aturan. Dalam penyusunan permohonan ini ada dua hal isi yang harus kita perhatikan yaitu mengenai data yang harus disertakan dan juga berbagai berkas yang perlu dilampirkan. Untuk isi yang berupa data sudah jelas bahwa tentunya kita perlu mencantumkan identitas diri kita sebagai orang yang bersangkutan. Untuk data diri, data yang harus di isi dalam permohonan ini yaitu seperti disebutkan dalam daftar berikut:

Data yang diisi
1) Nama Lengkap Pemohon
2) Tempat dan Tanggal Lahir Pemohon
3) Alamat Tempat Tinggal Pemohon
4) Kewarganegaraan Pemohon
5) Isteri / Suami dari Pemohon

Jelas terlihat di atas bahwa sebagai pemohon maka kita harus mencantumkan identitas diri kita mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan juga alamat. Tidak lupa kita juga harus mencantumkan kewarganegaraan pemohon berikut juga dengan istri/suami kita sebagai pemohon. Selain informasi mengenai data pribadi kita juga akan diminta untuk menyertakan beberapa lampiran dalam permohonan kewarganegaraan tersebut. Lampiran yang disertakan yaitu:
  1. Fotokopi akte kelahiran pemohon
  2. Fotokopi KITAP dan KTP pemohon
  3. Fotokopi kutipan akte perkawinan / buku KUA
  4. Fotokopi kutipan akte kelahiran dan KTP sponsor / si pendukung WNA
  5. Surat keterangan dari imigrasi yang menyatakan, bahwa pemohon telah bertempat tinggal di Indonesia
  6. Surat keterangan catatan kepolisian
  7. Surat keterangan dari perwakilan negara Pemohon yang menerangkan kehilangan warga negara asal
  8. Surat Pernyataan Kesetiaan kepada Republik Indonesia secara tertulis dari Pemohon
  9. Pas Foto Pemohon terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 7 (tujuh) lembar ... background merah
  10. Pernyataan Kesetiaan Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
Banyak juga bukan, tentu saja namanya juga akan mengajukan untuk menjadi warga negara baru jadinya memang harus sesuai dengan aturan. Nah sekarang kita sudah memiliki gambaran sedikit mengenai bagaimana menyusun permohonan tersebut. Agar lebih jelas maka mari kita pelajari juga contoh yang akan diberikan di bagian bawah.

Contoh Permohonan Menjadi Warga Negara Indonesia

Kalau di atas sudah kita pelajari bagaimana menyusun atau mengetik permohonan ini sekarang untuk lebih jelas mari kita ikuti penjelasan mengenai contohnya sekaligus. Disini, dalam menyusun permohonan ini isinya akan di awali dengan kalimat seperti pada berbagai permohonan lain yaitu "Saya yang bertanda tangan dibawah ini". Setelah kalimat tersebut maka selanjutnya akan disertakan identitas diri dari pemohon yang meliputi:
a) Nama Lengkap
b) Tempat dan Tanggal Lahir
c) Jenis Kelamin
d) Pekerjaan
e) Alamat Tempat Tinggal

Setelah data diri maka surat permohonan ini akan berlanjut pada bagian selanjutnya yaitu isi permohonan. Untuk gambaran, isi dari permohonannya yaitu sebagai berikut:
dengan ini menyatakan bahwa saya akan melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas.

Baca Juga:

Warga Negara Asing (WNA) Menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Perihal : Pernyataan untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia

Jakarta, ........ 20...
Kepada Yth. :
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
melalui
Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia DKI Jakarta
di
Jakarta

Yang bertanda tangan dibawah ini :


1. Nama Lengkap : ... nama Pemohon / WNA ybs.
2. Tempat dan Tanggal Lahir :
3. Alamat Tempat Tinggal :
4. Kewarganegaraan :
5. Adalah Isteri / Suami dari : (... nama si pendukung WNA / sponsor) :
Tempat dan Tanggal Lahir :
Kewarganegaraan : Indonesia


Berdasarkan kutipan akte perkawinan / buku KUA nomor .............. tanggal ................ tahun ............... dengan ini menyampaikan pernyataan untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia mengikuti Suami / Isteri berdasarkan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006.


Untuk melengkapi permohonan pendaftaran ini saya lampirkan :
1. Fotokopi akte kelahiran pemohon
2. Fotokopi KITAP dan KTP pemohon
3. Fotokopi kutipan akte perkawinan / buku KUA
4. Fotokopi kutipan akte kelahiran dan KTP sponsor / si pendukung WNA
5. Surat keterangan dari imigrasi yang menyatakan, bahwa pemohon telah bertempat tinggal di Indonesia
6. Surat keterangan catatan kepolisian
7. Surat keterangan dari perwakilan negara Pemohon yang menerangkan kehilangan warga negara asal
8. Surat Pernyataan Kesetiaan kepada Republik Indonesia secara tertulis dari Pemohon
9. Pas Foto Pemohon terbaru ukuran 4x6 Cm sebanyak 7 (tujuh) lembar ... background merah


Demikian permohonan pendaftaran ini saya ajukan untuk dapat dikabulkan.
Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.




Pemohon










(Nama Lengkap)




loading...

0 Response to "Contoh Surat Permohonan Untuk Menjadi Warga Negara Indonesia"

Posting Komentar