Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja - Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Keterangan Pengalaman Kerja? Jadi namanya juga sudah jelas bahwa surat keterangan ini adalah satu jenis surat resmi (formal) yang berisi tentang keterangan bahwa seseorang memiliki pengalaman kerja di suatu perusahaan. Karena contoh keterangan ini banyak di butuhkan maka pada artikel format contoh surat berikut akan kita bahas mendalam mengenai keterangan tersebut. Pembahasan akan meliputi pengertian atau definisi, fungsi surat, bagian surat dan cara membuat surat keterangan tersebut.

Seperti sudah di sebutkan di atas, keterangan pengalaman kerja adalah sebuah surat yang berisi keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tertentu. Fungsi dari surat ini sudah tentu untuk memberikan keterangan atas pengalaman yang telah dimiliki oleh seseorang dalam bekerja di suatu perusahaan tertentu. Pertanyaannya, siapakah yang berwenang atau bisa memberikan keterangan seperti ini?
Di perusahaan, seseorang yang memiliki kewenangan untuk memberikan keterangan seperti ini tentunya adalah pemimpin yang menjalankan perusahaan dimana seseorang pekerja. Dalam hal ini yang dapat memberikan keterangan contohnya adalah direktur suatu perusahaan. Kepada siapa surat seperti ini diberikan, jawabannya adalah kepada seseorang yang pernah bekerja di perusahaan yang di pimpin.
Surat Keterangan Pengalaman Kerja biasanya di butuhkan seseorang ketika ia hendak melamar ke suatu perusahaan. Dalam lowongan pekerjaan biasanya di cantumkan bahwa seseorang harus memiliki pengalaman kerja tertentu sebelum dapat mengajukan surat lamaran, nah untuk bukti tersebutlah keterangan pengalaman ini di buat. Apakah keterangan seperti ini wajib? Ya bisa wajib bisa tidak semua tergantung kepada kebutuhan dan keadaan masing-masing orang. Lalu, jika kita membutuhkan keterangan pengalaman kerja kita harus bagaimana?
Untuk mendapatkan keterangan pengalaman kerja kita dapat datang dan meminta langsung ke perusahaan dimana sebelumnya kita bekerja. Hal ini karena pihak perusahaan lah yang berhak memberikan keterangan tersebut, jadi kita tinggal datang dan meminta kepada yang berwenang atau yang mewakili. Selain meminta langsung, kita juga bisa inisiatif untuk menyiapkan sendiri surat tersebut baru setelah itu kita datang untuk meminta pengesahan dari keterangan tersebut. Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat keterangan pengalaman kerja maka bisa mengikuti beberapa penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Seperti di jelaskan di atas sebenarnya kita tidak perlu repot untuk membuat sendiri surat ini karena ini bukanlah wewenang kita. Meski begitu dalam usaha untuk mengurus keterangan pengalaman ini maka kita dapat membantu menyediakan surat tersebut secara pribadi untuk kemudian di berikan kepada perusahaan yang akan dimintai keterangan pengalaman tersebut. Jika kita ingin membuat keterangan itu maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut. 

Pemberi keterangan adalah orang yang akan menerangkan bahwa kita pernah bekerja di perusahaan tersebut sedangkan yang diberi keterangan adalah kita. Untuk datanya, biasanya yang akan di cantumkan adalah:
- Untuk pemberi keterangan terdiri dari nama, jabatan dan alamat
- Untuk yang diterangkan terdiri dari nama dan alamat
Setidaknya data diri yang dibutuhkan seperti pada poin tersebut di atas. Selanjutnya, di awal surat ini akan di buka dengan kalimat yang pastinya sudah kita ketahui yaitu "Yang bertanda tangan di bawah ini:", setelah itu akan diikuti dengan data pemberi keterangan. Berikutnya akan diikuti dengan data yang akan di beri keterangan yaitu yang terdiri dari nama kita dan alamat kita.

Setelah data nama bagian selanjutnya adalah isi keterangan, biasanya akan berisi keterangan lama bekerja, sebagai contoh kalimatnya seperti berikut "Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin sejak 1 Desember 2010 sampai 4 Januari 2014 dengan jabatan terakhir Asisten Manajer Produksi. Selama menjadi karyawan kami, Saudara Nanalia Trisahlina telah menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan. Dia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri."

Isi bagian akhir surat keterangan ini akan di tutup dengan kalimat "Keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar pihak yang berkepentingan maklum." Sampai di situ kita tinggal memberi penutup yang berupa tempat dan tanggal surat serta tanda tangan yang berwenang. 

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Di atas telah panjang lebar di berikan penjelasan mengenai bagaimana menyusun dan membuat keterangan pengalaman kerja. Yang perlu benar-benar di ingat adalah bahwa surat keterangan ini adalah surat resmi jadi penulisannya harus mengikuti kaidah penulisan surat resmi yang baku dan sesuai dengan standar perusahaan yang bersangkutan. Karena surat resmi maka tidak ada tempat untuk informasi yang tidak perlu, tak ada tempat untuk bahasa atau kalimat yang tidak baku, begitu juga dengan susunan dari surat tersebut. Karena di atas belum disertakan contohnya maka berikut silahkan di pelajari satu contoh surat tersebut.
Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Baca Juga:


Contoh Surat Pengalaman Kerja

PT. Saudara Bersama
Jl. Melati No. 12 Jakarta
Website: www.saudarabersama.com, Telp: (021) —-, Faks: (021) —-==========================================================
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 11/HRD/V/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : John Travolta
Jabatan : Direktur PT. Saudara Bersama
Alamat : Jln. Melati No. 12 Jakarta
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama : Mimin Sulastri
Alamat : Jl. Petamburan No. 07 Jakarta
Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 15 Januari 2013 sampai dengan 15 Desember 2016, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang.
Selama menjadi staf kami, Saudari Mimin Sulastri telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas. Dalam hal ini yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri.
Perusahaan sangat berterima kasih dan berharap agar yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.
Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 15 Januari 2016
John Travolta



Direktur

Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Baik dan Benar

PT. Iman Abadi
Jl. Malioboro No. 09 Jogjakarta
==========================================================
SURAT PENGALAMAN KERJA
Certificate of Employment
No : 105/SPK-CM/V/2017
Hal : Surat Pengalaman Kerja
Kepada yang berkepentingan,
Dengan surat ini kami dari PT. Iman Abadi menyatakan bahwa :
Nama : Made Cakra
Alamat : Jln. Pati Unus No. 15 Jogjakarta
Jabatan : Supervisor
Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu :
05 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2016
Saudara Made Cakra telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan selama menjadi karyawan kami dan tidak pernah melakukan perbuatan yang bisa merugikan perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan atas.
Kami selaku pihak perusahaan mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan dapat menjumpai kesuksesan yang lebih optimal dimasa mendatang.


Jogjakarta, 10 Januari 2017
Priambodo



Direktur Utama
loading...

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja"

Posting Komentar