Jumat, 08 Desember 2017

Contoh Surat Keterangan Beda Nama

Contoh Surat Keterangan Beda Nama dari Kelurahan - Kalau disebut dengan istilah "beda nama" sebenarnya kurang begitu tepat juga sih mengingat sebenarnya yang terjadi adalah beda penulisan nama seseorang yang dikarenakan adanya kesalahan. Nah, untuk melengkapi pembahasan kita sebelumnya mengenai surat keterangan kesalahan perbedaan penulisan maka kali ini akan kita bahas secara khusus tentang surat keterangan beda nama tersebut.
Pertama mari kita perjelas terlebih dahulu mengenai arti dari "keterangan beda nama" tersebut. Keterangan beda nama merupakan surat resmi dari pejabat berwenang (contohnya kepala kampung) yang berisikan keterangan akan adanya perbedaan penulisan nama seseorang. Perbedaan penulisannya sendiri bisa terdapat pada dua data kependudukan atau lebih yang sebenarnya perbedaan tersebut terjadi karena adanya salah penulisan dan bukan disengaja.
Keterangan seperti ini di butuhkan untuk menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan dalam data kependudukan tersebut adalah memang satu orang atau orang yang sama. Keterangan ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya penggunaan data orang lain oleh yang tidak berhak. Kalau di lihat dari jenis data kependudukan yang dilibatkan maka surat ini bisa terdiri dari beberapa jenis yaitu:
  1. Surat keterangan beda nama KTP dengan KK
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Surat Keterangan Tanah
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dengan Sertifikat Hak Milik Tanah
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Sertifikat Hak Milik
  5. Kartu Tanda Penduduk (KTP), Sertifikat Hak Milik, Surat Nikah
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dengan Surat Nikah. 

Yang pertama tentu adalah keterangan beda nama untuk perbedaan penulisan yang terjadi pada kartu tanda penduduk dengan kartu keluarga. Yang kedua, perbedaan terjadi pada kartu tanda penduduk dengan surat keterangan tanah. Sedangkan nomor tiga perbedaannya terjadi pada tiga dokumen sekaligus yaitu pada KTP, kartu keluarga dan juga sertifikat tanah.

Selanjutnya ada juga perbedaan yang terjadi pada ktp dengan data yang ada pada sertifikat hak milik, ada juga yang terjadi pada ktp, hak milik dan juga surat nikah dan bisa juga terjadi pada ktp, kk dan juga surat nikah. Adanya surat keterangan beda nama yang kita butuhkan tentu harus disesuaikan dengan perbedaan nama yang terjadi pada dokumen yang kita miliki.

Untuk mendapatkan keterangan seperti ini sangatlah gampang, kita tinggal menuju ke kantor kelurahan atau kantor kepala kampung untuk mendapatkan keterangan yang kita butuhkan. Kita tinggal membawa salinan data dari dokumen yang terdapat kesalahan penulisan nama kita. 

Setelah kita datang maka kita akan dibuatkan keterangan yang di dalamnya menerangkan bahwa telah terjadi kesalahan penulisan yang mengakibatkan perbedaan nama kita. Pada surat keterangan tersebut akan berisi beberapa informasi penting antara lain:

1) Data diri kita
2) Keterangan kesalahan penulisan nama
3) Pemberitahuan bahwa data pada dokumen dimaksud merujuk kepada orang yang sama

Jadi dalam keterangan ini akan ada data diri kita berikut dengan isi keterangan yang kita butuhkan tersebut yang di bagian akhir akan ditandatangani dan di beri stempel. Itulah sedikit pembahasan kita kali ini. Bagi yang ingin mempelajari Surat Keterangan Beda Nama tersebut bisa langsung melihat dari tautan yang ada di atas.
 
 Baca Juga:
 
 

Surat Keterangan Beda Nama dari Desa

PEMERINTAH KABUPATEN ……………..….
KECAMATAN …………………
DESA …………………
Kantor : ………………………………………………
SURAT KETERANGAN BEDA NAMA
NO : .........................................
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa ............, Kecamatan ............, Kabupaten ............, menerangkan bahwa :
Nama                             :     MASMIRAH
Tempat / Tgl. Lahir       :     ............, 20 Februari 1945
Alamat                          :     Desa ............, RT.006  RW.002
Kec. ............  Kab. ............
Orang tersebut di atas adalah benar-benar warga penduduk Desa ............, Kecamatan ............, Kabuapaten ............ dan sesuai yang tercantum dalam KTP dan Kartu Keluarga, dengan :
Nama                             :     MOEAJANAH
Tempat / Tgl. Lahir       :     ............, 20 Fenruari 1945
Alamat                          :     Desa ............, RT.006  RW.002
Kec. ............  Kab. ............
Kedua nama tersebut di atas benar-benar milik satu orang, dan yang benar adalah nama yang tercantum dalam KTP dan Kartu Keluarga sesuai dengan Data Base Kependudukan di Kabupaten .............
Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
............, 10 Januari 2011
Yang bersangkutan                                  Saksi                                Kepala Desa ............
Sekdes Desa ............
( MASMIRAH / MOEAJANAH )               ( .......................... )            ( ......................................... )

 
 

Contoh Surat keterangan Beda Nama Ijazah dan KK

Pemerintah kabupaten ponorogo
Kecamatan mlarak
Desa mlarak
Jl. Mlarak – Pulung Nomor 39
MLARAK
Kode Pos 63472
SURAT KETERANGAN BEDA NAMA
Nomor : 470/……/405.30.16/12/2016
Yang bertanda tangan di bawah ini Kami Kepala Desa Mlarak Kec. Mlarak Kabupaten Ponorogo menerangkan dengan sebenarnya bahwa :
Nama                          :           AZIZAH
Jenis Kelamin             :           Wanita
NIK                              :           3534534534534
Tempat Tanggal Lahir :           Ponorogo, 12 Juni 1961
Status Perkawinan      :           Belum Kawin
Pekerjaan                    :           Wiraswasta
Agama                                    :           Islam
Kewarganegaraan      :           WNRI
KETERANGAN          :           Orang tersebut di atas di dalam ijazah tertulis “AZIZIAH” dan di KTP, Kartu Keluarga tertulis “AZIZAH” sebenarnya kedua orang tersebut adalah (1) satu orang dan yang dipergunakan untuk persyaratan nikah adalah yan sesuai dengan ijazah yaitu “AZIZIAH”.
            Demikian surat keterangan ini kami buat atas dasar yang sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mlarak, 28 Juli 2016
Kepala Desa Mlarak
EDI PURWANTO

1 komentar:

  1. Bagaimana kalau surat beda nama ktp dengan akta kelahiran ?

    BalasHapus