Jumat, 08 Desember 2017

Contoh Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Yang Baik

Contoh Surat Izin Tempat Usaha (SITU) - Yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah kebutuhan khusus untuk kalangan pelaku usaha yang akan memulai sebuah usaha baru. Kebutuhan tersebut yaitu surat izin tempat usaha atau yang sering dikenal dengan sebutan SITU. Jadi, dari namanya sudah jelas bahwa untuk urusan usaha baru yang akan didirikan maka kita akan membutuhkan izin tersebut. Kali ini kita akan mempelajari jenis surat ini secara lengkap mulai dari bentuk atau formatnya bagaimana, cara penulisan dan lain sebagainya. 

Kalau di lihat dari judulnya maka surat izin tempat usaha adalah surat yang berisi izin untuk tempat usaha yang akan digunakan oleh seseorang. Izin ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam menjalankan segala aktivitas usaha yang kita miliki. 

Gambaran Isi Surat Izin Tempat Usaha

Di dalam surat izin ini sebenarnya tidak banyak informasi yang ditulis. Yang jelas sesuai dengan namanya maka informasi atau isi yang ada dalam surat tersebut semuanya berkaitan dengan tempat usaha yang diberi izin. Isi pada bagian pertama tentunya adalah kop atau kepala surat dimana kop ini berisi informasi instansi yang mengeluarkan surat tersebut. Berikutnya adalah informasi tentang usaha yang akan didirikan. Dalam hal ini, pejabat berwenang akan memberikan ijin usaha kepada usaha yang akan dijalankan tersebut yang detail nya meliputi beberapa informasi di bawah ini.

1. Nama toko
2. Alamat
3. Bidang Usaha
4. Nama penanggung jawab
5. Luas ruang usaha
6. Berlaku s/d tanggal

Berikutnya adalah pernyataan pemberian izin, contoh kalimatnya yaitu "Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota .............. tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang."

Pada bagian berikutnya tentu saja berisi penutup surat yang informasinya terdiri dari tempat ditetapkannya izin, tanggal penetapan izin dan pejabat yang menandatangani atau yang memberikan izin. Bagian ini sama dengan bagian-bagian surat keputusan yang biasa diterbitkan instansi pemerintah. Contoh kalimat bagian tanda tangan tersebut yaitu:
- Ditetapkan di: Jakarta
- Tanggal : 1 Januari 2016
- Kepala Suku Dinas Pelayanan dan Perijinan
- Nama Lengkap
- NIP

Contoh Format Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Untuk melengkapi berbagai informasi yang sudah kita bahas di atas maka alangkah baiknya jika kita langsung mempelajari contoh untuk surat izin ini. Dengan mempelajari contohnya maka kita akan lebih tahu bagaimana bentuk, format dan juga susunan dari surat izin tersebut. Di bawah ini mari kita pelajari contoh draft atau format dari surat izin tersebut. Mudah-mudahan dengan contoh ini kita dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai jenis izin yang harus kita dapatkan. Meski kita tidak perlu membuat sendiri surat ini namun alangkah baiknya jika kita tahu bagaimana bentuk suratnya jadi jika sewaktu-waktu kita butuh kita bisa menyiapkannya sendiri dan tinggal meminta pengesahan kepada pihak terkait. Berikut contoh format atau draft surat izin tersebut.



Baca Juga:
 
 

Contoh Surat Izin Tempat Usaha (

Bandung, 10 Mei 2018

Nomor       : ...................
Lampiran  : 6 (enam) lembar
Hal       :  Permohonan Izin Tempat Usaha

Kepada
Yth. Walikota Bandung
     cq. Kepala Kantor Pelayanan Perizinan
Terpadu Satu Pintu Kota Bandung
Di -
       Tempat


Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : Tini Indrayani
Alamat       : Jln. Merdeka Jaya No. 77
Pekerjaan   : Wiraswasta

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan Izin Tempat Usaha dengan identitas usaha sebagai berikut :
Jenis Usaha                        : ................
Nama Perusahaan              : ................
Alamat tempat Usaha        : ................
Kelurahan                          : ................
Kecamatan                         : ................
Sebagai kelengkapan persyaratan bersama ini saya lampirkan:
1. Surat Permohonan Izin Tempat Usaha
2. Fotocopy KTP terbaru 1 (satu) lembar
3. Pas foto berwarna 3 x 4 cm (2 lembar)
4. Fotocopy pelunasan PBB tahun terakhir 1 (satu) lembar
5. Surat Keterangan dari Desa/Lurah
6. Rekomendasi dari Camat..................
Demikian permohonan saya buat, atas perhatian dan izin yang diberikan saya sampaikan banyak terima kasih.
Hormat saya,
Pemohon,
Tini Indrayani

 
 

0 komentar

Posting Komentar