Sabtu, 28 Januari 2017

Contoh Surat Somasi Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Somasi yang Baik untuk Teguran | Jika karyawan melakukan tindakan tidak disiplin dan semaunya maka siap-siap akan diberi teguran. Tetapi jika teguran tersebut sudah tidak berpengaruh maka surat somasi bisa dilayangkan. Mungkin selama ini banyak yang berpikiran jika surat somasi berhubungan dengan hukum. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh surat somasi yang benar.

Memang benar jika surat somasi berhubungan dengan hukum karena arti dari surat tersebut adalah surat yang berisi teguran atau pemberitahuan sebelum melakukan tindakan penuntutan hukum baik itu pidana atau perdata apabila surat tersebut tidak diindahkan. Umumnya surat ini akan dilayangkan kepada pihak yang bersangkutan jika teguran secara halus tidak berpengaruh. Apabila Anda sudah menerima surat somasi, maka Anda harus berhati-hati jika tidak ingin berurusan dengan hukum.

Lalu bagaimanakah contoh surat somasi yang benar itu? Surat yang baik dan benar tentu harus bersifat resmi dan juga formal. Membuat somasi tidak boleh sembarangan dan harus disertakan dengan nomor surat atau tembusan maupun kop surat. Ini sangat penting karena nantinya surat tersebut bisa memiliki kekuatan hukum. Selain adanya nomor atau tembusan, yang harus diperhatikan lagi adalah adanya materai yang ditanda tangani secara resmi. Hal tersebut bisa menjadi salah satu bukti untuk menjadikan surat tersebut memiliki kekuatan hukum dan bisa diperkarakan apabila tidak diindahkan.

Untuk gaya bahasanya sendiri juga harus formal serta sopan. Selain kedua hal tersebut, yang menjadikan surat somasi menjadi ditakuti adalah gayanya yang tegas. Meskipun menggunakan bahasa formal dan resmi, somasi biasanya bersifat mengancam serta tegas. Di dalamnya Anda harus melampirkan isi atau maksud mengapa Anda melayangkan surat tersebut. Apabila surat ini tidak diindahkan, maka jalur hukum yang akan menyelesaikannya dan surat itu bisa dijadikan sebagai bukti. Somasi bisa dibilang ancaman atau peringatan secara tertulis dan bersifat formal. Tetapi Anda harus ingat satu hal, jika ingin membuat surat tersebut Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke badan hukum atau kantor pengacara supaya somasi Anda bisa berlaku. Anda bisa melihat contoh surat somasi bila ingin lebih jelasnya lagi.


Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa contoh surat somasi yang baik dan benar. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi saat anda akan membuat surat tersebut. Dibawah ini adalah contoh surat somasi yang baik dan benar : 

Baca Juga:

Contoh Surat Somasi Yang Baik Dan Benar



Nomor: -----

Perihal: PERINGATAN (SOMASI)


Kepada Yth.

---------------------

--------------------



Dengan hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan kerja sama …… berdasarkan Perjanjian----- Nomor ----- tanggal ----- (“Perjanjian”), Perjanjian mana telah menentukan kewajiban kami sebagai ----- untuk melakukan ----- dan kewajiban saudara sebagai -----untuk melakukan pembayaran ----- sebesar Rp. ----- (----- rupiah) kepada kami sebelum tanggal jatuh tempo. Terkait hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa:
  1. Kami telah melaksanakan kewajiban kami sebagai ----- sesuai Perjanjian, yaitu melakukan ----- pada tanggal ….
  2. Sampai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran tersebut diatas, ternyata saudara belum juga melaksanakan kewajiban saudara sebagai -----, yaitu melakukan pembayaran ----- sebesar----- (----- rupiah) kepada kami.
  3. Dengan demikian maka saudara masih berhutang kepada kami sebesar----- (----- rupiah).
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dengan ini kami kami memberikan PERINGATAN/SOMASI kepada Saudara untuk:
  1. Melaksanakan kewajiban saudara sebagai ----- untuk melakukan pembayaran ----- kepada kami sebesar----- (----- rupiah) dalam jangka waktu selambat-lambatnya ----- (-----) hari kalender terhitung sejak tanggal diterimanya surat PERINGATAN/SOMASI ini.
  2. Dalam hal sampai dengan jangka waktu tersebut Saudara belum juga melaksanakan kewajiban Saudara, maka kami akan mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan, baik pidana maupun perdata.

Demikian PERINGATAN/SOMASI ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.



Hormat kami,




PT . ------------
Direktur Utama


Itulah tadi contoh surat somasi yang baik dan benar. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi saat akan membuat surat tersebut. Demikianlah Contoh Surat Somasi yang Baik untuk Teguran.

0 komentar

Posting Komentar