Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Yang Baik Dan Benar Untuk mendaftar beasiswa tertentu, pada dokumen pendaftaran yang akan diserahkan biasanya pelamar beasiswa perlu mencantumkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi tersebut tidak harus panjang hingga penuh satu halaman karena pada umumnya, seperti yang bisa dilihat pada contoh surat rekomendasi beasiswa, jumlah kata untuk surat ini hanya sekitar 200-600 kata.

Apabila Anda melihat contoh surat rekomendasi beasiswa, Anda bisa melihat beberapa hal yang biasanya dicantumkan. Pertama, kualifikasi si pelamar secara akademik maupun non-akademik. Kedua, deskripsi dari pemberi referensi sesuai kapasitasnya (misalnya sebagai dosen pembimbing dan sebagainya) mengenai Anda atau orang yang melamar beasiswa. Selanjutnya, informasi mengenai keinginan atau motivasi Anda sebagai pelamar beasiswa mengenai kelanjutan studi. Terakhir, data atau informasi personal dalam hal kegiatan ekstrakurikuler maupun project. Jadi, di bagian terakhir ini, penilaian tidak berdasarkan transkrip nilai atau skor tes akademik.

Ada beberapa tips yang bisa diingat ketika akan membuat surat rekomendasi. Tips yang pertama adalah membuat surat rekomendasi sedini mungkin kepada dosen atau mentor agar surat rekomendasi lebih terorganisir dan memiliki isi yang padat. Jadi, hindari membuat surat rekomendasi di waktu-waktu terakhir saat dokumen beasiswa hampir diserahkan. Kedua, minta petunjuk dari teman atau seseorang yang tahu-menahu mengenai bagaimana sebaiknya isi surat rekomendasi yang tepat. Kalaupun Anda bertanya pada panitia beasiswa, gunakan kata-kata yang baik dan halus meskipun tanggapan mereka pada awalnya tidak terlalu menyenangkan.


Apa yang harus dihindari ketika membuat surat rekomendasi? Jangan meminta anggota keluarga untuk menuliskannya untuk Anda meskipun mereka 100% mendukung Anda. Jadi, Anda harus memilih orang yang tepat untuk menuliskan rekomendasi mengenai Anda. Anda bisa mendatangi pembimbing, dosen, mentor, atau orang-orang dalam organisasi atau komunitas relawan dimana Anda aktif di dalamnya. Surat rekomendasi yang ditulis oleh orang-orang dari lembaga resmi umumnya lebih terpercaya dibandingkan surat rekomendasi yang dituliskan oleh seorang teman.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa 


Surat Rekomendasi

Yang bertanda tangan di bawah ini.
Nama : -----------
Jabatan : --------

Memberikan Rekomendasi kepada mahasiswa kami:
Nama : ----------
NIM : ------------

Kepada Global Fund selaku penyedia program beasiswa yang diikuti oleh mahasiswa kami. Surat Rekomendasi Pengajuan Beasiswa ini dibuat untuk mendukung pengembangan potensi akademik mahasiswa kami.

Semoga Surat Rekomendasi ini dapat menjadi pertimbangan dan memberikan hasil yang memuaskan terkait keputusan pengajuan beasiswa oleh mahasiswa kami.
Yogyakarta, 11 Januari 2013
Hormat Kami,

Prof. Setyawan

Surat Rekomendasi Dari Dosen Kelas Metodologi Penelitian


To Whom It May Concern,

I have known Budi Doremi in my capacity as her lecturer since 2008. Budi Doremi is a student who has a very good motivation to learn new things. In addition, to my knowledge, Ms. Husna is straightforward, independent, enthusiastic, and more importantly realistic. She is a kind of person who has strong sense in practical matters, and is curious about exploring new experiences. These capacities of hers have been obviously demontrated from several activities she has joined like a tour guide, a translator, a buddy, and a liaison officer while she was completing her study. In addition to these, she was also awarded a scholarship for students with outstanding excellence in both academic and non academic matters as shown by her excellent GPA at a figure 3.73.

I am sure her involvement in the Open University if her application is considered will contribute significantly later to the growth of the Open University. For these reasons, therefore I encourage her to apply for the position in the Open University and I am sure that she will be able to cooperate well with other staff. Considering these, therefore, I highly recommend that her application be considered for the position. Should you need further information about her, I will be happy to write to you.

Sincerely yours,
Dr. Sulistyo, M.A.
English Department, Faculty of Letters
University of Indonesia

source : http://thezealouszoediary.blogspot.com

Itulah beberapa contoh surat rekomendasi beasisiwa yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Demikianlah Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Yang Baik Dan Benar.
loading...

0 Response to "Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar