Sabtu, 21 Januari 2017

Contoh Surat Pengantar Proposal Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pengantar Proposal Yang Baik Dan Benar | Surat pengantar proposal pada umumnya ditulis oleh sebuah organisasi atau lembaga untuk mengusulkan atau mengajukan sesuatu kepada sebuah lembaga atau individu lain. Pada contoh surat pengantar proposal yang dibuat oleh sebuah organisasi resmi pemerintahan maupun bisnis, umumnya terdapat beberapa hal yang dikemukakan di dalamnya. Sebuah perusahaan bisnis lebih menekankan isi pada gambaran kualitas berikut usulan kerjasama kepada perusahaan penerima. Sementara, dalam organisasi seperti kepemudaan atau lembaga tertentu, umumnya surat ini dibuat untuk menyampaikan permintaan pendanaan.



Ketika akan menulis surat pengantar dari contoh surat pengantar proposal yang ada, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, menggunakan bahasa yang baku atau formal. Kedua, menggunakan diksi dan ejaan kata sesuai dengan pedoman tata bahasa yang benar. Ketiga, perangkaian kata dalam kalimat tidak berbelit-belit atau terlalu panjang agar pembaca mudah mengerti maksud dalam surat tersebut. Selain itu, data berupa pengirim, alamat, hingga keperluan harus disebutkan dengan jelas. Rincian yang memang diperlukan dalam surat juga bisa ditambahkan. Terakhir, jika memang diperlukan, gunakan kalimat yang persuasif namun tetap obyektif dan lugas.




Karena masih merupakan surat resmi, akan lebih meyakinkan lembaga atau individu penerima apabila organisasi Anda mencantumkan kop surat di bagian paling atas. Selain kop surat, bagian pada surat pengantar yang juga perlu diperhatikan pada saat penulisan adalah nomor, lampiran, dan perihal surat yang terletak di bawah kop surat. Berikutnya, cantumkan penerima beserta jabatan dan alamatnya. Sebelum menuliskan bagian isi, gunakan salam pembuka untuk mengawali. Pada bagian isi Anda dapat menuliskan kalimat pengantar seperti pengenalan diri atau lembaga Anda terlebih dahulu sebelum mengungkapkan maksud. Tutup isi surat Anda dengan menyampaikan terima kasih dan salam. Di bagian paling akhir, cantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat berikut keterangan lembaga pengirim berupa jabatan, nama, dan paraf. Jangan lupa untuk menggunakan cap organisasi atau stempel.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda pelajari dari contoh surat pengantar proposal. Anda bisa memanfaatkan internet dengan mencari referensi template surat yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Contoh Surat Pengantar Proposal Permohonan Bantuan Dana



[ Kop surat ]

_________________________________

Nomor : 08/P.EP/VII/2016
Lampiran : 1 (Satu) Bandel Proposal
Hal : Surat Permohonan Bantuan Dana


Kepada Yth,
Bapak --------
Di-tempat


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa. Semoga kita senantiasa dalam lindungan –Nya serta diberikan kemurahan rizki.

Sehubungan dengan akan diadakannya even perlombaan di Desa Serami - Lambangan - Magetan, maka dengan ini kami atas nama panitia dan pemerintah Desa bermaksud untuk meminta bantuan dana kepada Ibu.

Dana tersebut akan kami alokasikan untuk operasional selama berlangsungnya even perlombaan hingga selesai.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami buat. Atas perhatian, partisipasi serta kesediaannya untuk memberikan bantuan kami sampaikan banyak terimakasih.



Serami , 8 Agustus 2016
Hormat kami
Panitia,

Ketua                                                  Skretaris




------                                                  -----------

Mengetahui,
Kepala Desa ------ 




------------------- 

Contoh Surat Pengantar Proposal



[ KOP SURAT ]

-------------------------------------

Nomor : 13/MB/V/2015
Lampiran : 1 (Satu) Bandel Proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Mesjid


Kepada Yth:
Bapak,Ibu, Saudara/i
Kaum Muslimin & Muslimat
di-
Tempat


Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, 

Allah SWT dan Rasul-Nya Muhammad SAW memerintahkan umat Islam dimanapun mereka berada agar membangun masjid. Alangkah indah dan bahagianya umat Islam apabila memiliki sarana peribadatan yang memadai keberadaannya.

Kami dan Panitia Pembangunan Masjid Baitul Izzati yang berada di wilayah ............... Kelurahan .............., berkeinginan memiliki pusat kegiata da’wah Islam yang memadai dan layak untuk melayani Umat Islam yang membutuhkannya.

Saat ini bangunan Masjid ........... kondisi bangunannya sudah tidak layak lagi sehingga perlu direnovasi dengan memperbaiki dan memperluasnya, mengingat daya tampung yang sudah tidak memadai untuk kegiatan rutin pengajian, terutama kegiatan Majelis Ta’lim.

Sehubungan dengan hal tersebut terlampir kami kirimkan proposal pembangunan Masjid .................. dengan harapan kiranya dapat membantu meringankan beban pembiayaan pembangunan tersebut.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian, dukungan serta bantuan dari Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


PANITIA PEMBANGUNAN MASJID
Mengetahui

Ketua DKM                Ketua Pembangunan                 Sekretaris





(nama terang)                 (nama terang)                  (nama terang)


Download disini :

Itulah contoh surat pengaantar proposal yang baik dan benar. Semoga apa yang kami tulisakn diatas bermanfaat bagi Anda. Demikianlah Contoh Surat Pengantar Proposal Yang Baik Dan Benar.

0 komentar

Posting Komentar