4 Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik

Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign)

Apa Itu Surat Pengunduran Diri?

Kumpulansurat.web.id - Jika anda ingin melakukan resign dari perusahaan haruslah menggunakan prosedur yang berlaku, tidak boleh dilakukan seenaknya. Caranya adalah dengan membuat surat pengunduran diri resign. Banyak faktor yang menjadi penyebab kenapa seorang karyawan harus mengundurkan diri dari tempat kerja, faktor tersebut antara lain seperti gaji/upah yang tidak sesuai, ketidaknyamanan kerja, tertekan dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini akan memicu seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri/resign dari tempat kerjanya. Dan apabila ini terjadi tentu seorang karyawan akan memerlukan sebuah surat resign resmi yang baik dan sopan. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat surat resign resmi?

Ada banyak sekali contoh surat pengunduran diri resign di internet, diantaranya ialah contoh surat resign dari perusahaan, contoh surat resign dari kantor, contoh surat resign dari hotel, contoh surat resign guru dan masih banyak lagi yang lainnya.


Berikut hal - hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan pada saat anda membuat surat resign resmi ini antara lain sebagai berikut :

*Menggunakan bahasa yang formal/resmi. Apabila menggunakan bahasa Indonesia maka harus sesuai dengan EYD,  dan apabila menggunakan bahasa inggris maka perhatikanlah grammar dan tensesnya.
*Tulislah surat resign dengan singkat dan jelas serta menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
*Sisipkan ucapan terima kasih kepada perusahaan atau teman-teman sejawat Anda di kantor.
*Jangan sekali-kali anda menjelaskan secara rinci alasan atas pengunduran diri anda.

Hal-hal yang tersebut diataslah yang harus Anda perhatikan saat ingin membuat surat resign,  sehingga dapat menciptakan sebuah surat resign resmi baik dan sopan. Adapun mengenai bagian atau susunan dari surat pengunduran diri adalah sebagai berikut :

1. Nama surat diketik dengan huruf balok
2. Orang/perusahaan yang dituju
3. Pembuka
4. Isi, yang meliputi :
    a. Permohonan pengunduran diri
    b. Ucapan terima kasih
    c. Permohonan maaf
5. Penutup
6. Tanda tangan


Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) I

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Direktur Utama PT. IKA GALERY MAJU JAYA
Jl.  Residen Danubroto No. 9A
Medan

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya Afgan Herlambang mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. IKA GALERY MAJU JAYA sebagai Staff Accounting PT. IKA GALERY MAJU JAYA terhitung sejak tanggal 29 April 2016.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan PT. IKA GALERY MAJU JAYA kepada saya untuk bekerja di PT. IKA GALERY MAJU JAYA sebagai Staff Accounting PT. IKA GALERY MAJU JAYA selama lebih dari 4 tahun ini.

Tak lupa saya memohon maaf  yang sebesar-besarnya kepada jajaran manajemen perusahaan apabila terdapat hal-hal yang tidak berkenan yang telah saya perbuat selama bekerja pada perusahaan ini. Saya berharap PT. IKA GALERY MAJU JAYA  menjadi perusahaan terbaik dan sukses nomor 1 di dunia.

Hormat saya,


Afgan Herlambang

Lihat juga : 
 

Contoh Surat Pengundurkan Diri (Resign) II

Medan, 20 Juni 2010

Kepada Yth,
Manajer HRD PT. IKA GALERY MAJU JAYA
Jl.  A. Madjid Ibrahim  No. 20
Medan, Sumatra Utara

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya Ahmad bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT.  IKA GALERY MAJU JAYA sebagai Supervisor Finance dan efektif mulai 30 Desember 2010.

Tidak lupa saya sampaikan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan  PT. IKA GALERY MAJU JAYA kepada saya untuk bekerja sebagai Karyawan selama lebih dari 4 (empat) tahun.

Saya juga ingin meminta maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. IKA GALERY MAJU JAYA  apabila ada hal-hal yang kurang berkenan yang sudah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.

Saya harapkan bahwa ke depan, baik saya maupun pihak perusahaan masih dapat menjalin silaturrahmi yang baik.

Hormat Saya,


Ahmad

Itulah 2 contoh surat pengunduran diri (resign) yang dapat saya berikan pada kesempatan ini. Kedua contoh di atas hanyalah sebagai contoh saja, silahkan Anda ubah sesuai dengan keperluan Anda. Semoga contoh surat di atas dapat menjadi salah satu pilihan referensi bagi Anda dalam menyusun surat resign resmi tersebut.
loading...

0 Response to "4 Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik"

Posting Komentar